Persiapkan Generasi Digital, SIER Ajarkan AI dan Pemrograman kepada Siswa SD

jatim. , SURABAYA - PT SIER mengenalkan teknologi Artificial Intelligence (AI) dan coding kepada siswa sekolah dasar melalui program edukatif bertajuk Sier Mengajar 2025 di SDN Kalirungkut 1 Surabaya.

Acara yang berlangsung selama dua hari pada Senin dan Selasa 2-3 Juni 2025 itu merupakan bagian dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan dengan sasaran utama siswa kelas 4 yang berjumlah sekitar 120 anak.

Kepala SDN Kalirungkut 1 Dian Ira Puspita menyambut baik inisiatif SIER yang dinilai relevan dengan kurikulum pendidikan abad 21.

"Kami berencana mulai menerapkan pembelajaran berbasis AI pada tahun ajaran mendatang. Program ini menjadi pijakan untuk mengenalkan teknologi sejak dini," ujar Dian, Senin (2/6).

Selama dua hari pelatihan, para siswa dikenalkan pada logika pemrograman lewat platform Scratch, dasar-dasar AI, dan diajak membuat animasi dan game edukatif sederhana. Kegiatan dibagi menjadi empat rombongan belajar dengan durasi dua jam per sesi.

Plt Kepala Divisi Sekretaris PT SIER Hananto menyatakan bahwa pendidikan digital merupakan bagian dari komitmen perusahaan dalam mendukung pengembangan sumber daya manusia (SDM) di sekitar kawasan industri.

"We want technologies such as coding and AI to not only be utilized by tenants, but also bring benefits to the community. This aligns with our vision as an industrial area that is green, modern, and integrated," he said.

Program ini terselenggara berkat koordinasi dengan Dinas Pendidikan Kota Surabaya yang merekomendasikan SDN Kalirungkut 1 sebagai mitra pelaksanaan.

Kepala Divisi TIK PT SIER Dedi Apriyanto menambahkan bahwa pengenalan AI dan coding penting karena anak-anak perlu lebih dari sekadar menjadi pengguna teknologi.

“Kami ingin mereka mengerti cara kerja teknologi dan mampu menciptakan sesuatu sendiri,” ucapnya.

Dedi menjelaskan bahwa pelatihan diselenggarakan dengan komposisi 70 persen teori dan 30 persen praktik. Anak-anak dilatih untuk membuat karya digital sederhana, seperti game kucing yang berhasil dibuat oleh Safira, salah satu peserta pelatihan.

"Pengen belum tahu tentang coding dan AI, tetapi ternyata seru banget. Jadi, pengin terus belajar," ujar siswi kelas 4 itu dengan semangat.

Sebagai bentuk dukungan tambahan, PT SIER juga menyerahkan bantuan dua unit PC dan satu unit LCD projector kepada SDN Kalirungkut 1. Bantuan ini ditujukan untuk mendukung digitalisasi pembelajaran di sekolah tersebut. (mcr12/jpnn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar