Ahli perjalanan mengungkapkan yang harus dilakukan jika kehilangan bagasi

  • BACA SELENGKAPNYA: Warga Inggris bisa mendapatkan paket liburan lengkap ke destinasi wisata populer dengan harga kurang dari £1,50

Anda baru saja turun dari penerbangan, melewati pemeriksaan perbatasan, dan sekarang sedang menunggu bagasi Anda di conveyor belt bagasi.

Tapi Anda sudah di sana cukup lama dan kerumunan mulai berkurang—namun tas itu belum juga muncul. Ini adalah mimpi buruk saat bepergian yang dialami oleh banyak dari kita.

Faktanya, bandara-bandara di Inggris mencatat lebih dari 62.000 item yang dilaporkan hilang antara Agustus 2023 dan Agustus 2024 , menurut data yang dibagikan oleh Confused.com.

Kini ahli dari Hoppa, situs perbandingan dan pemesanan transportasi, memberikan saran kepada para wisatawan tentang apa yang harus mereka lakukan jika mereka kehilangan bagasi.

"Kehilangan bagasi selalu membuat stres, tetapi tidak mengetahui apa yang harus dilakukan membuat situasi semakin buruk," kata Chris Harrington, direktur utama Hoppa.

Pada akhirnya, semakin cepat dan lengkap informasi yang Anda berikan, semakin besar kemungkinan untuk memulihkan tas Anda atau menerima pembaruan mengenai statusnya.

Prosesnya tidak serumit yang mungkin dipikirkan orang, tetapi ada langkah-langkah penting yang perlu Anda ikuti.

Jika Anda tidak dapat menemukan bagasi Anda, hal yang harus segera dilakukan adalah melaporkannya.

Luruskan jalan menuju meja layanan bagasi maskapai penerbangan Anda, yang biasanya terletak di dekat area penagihan bagasi.

'Ingat, semakin cepat Anda bertindak, semakin besar kemungkinan Anda untuk mengetahui apa yang terjadi pada bagasi Anda,' kata Hoppa.

Penting untuk memberikan detail yang selengkap mungkin, tambah perusahaan, termasuk informasi mengenai merek, warna, ukuran, jenis kerang, serta identifikasi unik seperti tag atau stiker. Jika Anda memiliki foto tas Anda, tunjukkan kepada staf.

Hoppa menyarankan para pelancong yang terdampak untuk memastikan mereka meminta nomor referensi 'property irregularity report' (PIR).

Nomor PIR adalah kode unik yang digunakan oleh maskapai penerbangan untuk melacak bagasi Anda yang hilang dan akan dibutuhkan saat Anda menindaklanjuti status bagasi Anda atau jika Anda perlu mengajukan klaim asuransi.

Pastikan untuk bertanya apakah maskapai penerbangan Anda akan menanggung kebutuhan pokok, seperti pakaian atau perlengkapan mandi, sementara mereka melacak bagasi Anda – terutama, kata Hoppa, jika Anda sedang berada jauh dari rumah.

Bahkan jika maskapai penerbangan tidak memberikan uang saku, pastikan untuk menyimpan semua tanda terima Anda. Dengan bukti yang tepat, Anda mungkin dapat mengklaim kembali biaya-biaya ini di kemudian hari.

Banyak perusahaan asuransi perjalanan menawarkan perlindungan untuk bagasi yang mengalami keterlambatan lebih dari 12-24 jam, jadi segera hubungi penyedia asuransi Anda.

Jika Anda cukup sial masih memiliki bagasi yang hilang setelah 3 minggu, pastikan untuk mengikutinya. Setelah tas Anda hilang selama lebih dari 21 hari, secara resmi akan dikategorikan sebagai hilang, dan Anda perlu menghubungi maskapai penerbangan serta mengajukan klaim bagasi hilang secara formal.

Maskapai penerbangan memiliki batas waktu tertentu untuk mengajukan klaim bagasi yang hilang, yang berkisar antara 7 hingga 21 hari.

Dan ingatlah Konvensi Montreal, yang berarti maskapai penerbangan bertanggung jawab untuk memberikan ganti rugi hingga £1.300 jika bagasi Anda hilang, rusak, atau tertunda.

Untuk mengajukan klaim, Anda perlu menyertakan bukti tentang bagasi dan isi di dalamnya, jadi siapkan informasi ini. Semakin lengkap informasi yang Anda miliki, semakin besar kemungkinan Anda untuk berhasil mengajukan klaim.

Baca lebih lanjut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar