
YOUTUBE akan menyediakan fitur pencarian visual Lens dalam video Shorts. Pengguna dapat menggunakan fitur ini dengan mengakses Short dari aplikasi seluler YouTube. Fitur ini memungkinkan pengguna mencari informasi lanjutan mengenai objek yang terlihat dalam video pendek, seperti hewan, tumbuhan, atau tanda pengenal .
Fitur ini akan mulai diluncurkan dalam versi beta beberapa pekan ke depan. "Jika Anda menonton Shorts yang menampilkan tanda pengenal, YouTube dapat menggunakan Lens untuk mencari tanda pengenal "dan mengetahui lanjutan mengenai lokasi pengambilan video," dikutip dari laporan The Verge pada Jumat, 30 Mei 2025
Fungsi Fitur Lens Shorts
Fungsi fitur Lens di Shorts pada dasarnya untuk mempermudah pengguna dalam mendapatkan informasi detail tentang objek yang ada di Shorts. Misalnya, jika pengguna sedang menonton video Shorts yang direkam di lokasi yang ingin dikunjungi pengguna, bisa memilih suatu bangunan atau objek terkenal lalu menggunakan Lens untuk mengidentifikasinya. Dari sana, pengguna dapat mempelajari lebih lanjut tentang budaya dan sejarah destinasi tersebut.
Dengan fitur baru ini cukup hentikan videonya kemudian pilih opsi Google Lens yang muncul di bagian atas layar. Setelah itu, pengguna bisa mengetuk, menyorot, atau menggambar di bagian objek yang ingin dicari. Google Lens akan secara otomatis menganalisis gambar tersebut dan menampilkan hasil pencarian yang relevan.
Hasil pencarian ini bisa berupa nama tempat, informasi sejarah, budaya, hingga referensi lain yang membuat pengguna memahami konteks di balik visual tersebut. Dengan begitu, pengalaman menonton Shorts tidak hanya menjadi hiburan, tetapi juga menjadi kesempatan interaktif dan informatif.
<failed> Teknologi Crunch , integrasi Lens ke dalam Shorts, YouTube berupaya meningkatkan kemampuan pencarian visual dan memberi pengguna lebih banyak cara untuk menemukan serta mencari konten secara interaktif. Langkah ini dipilih oleh YouTube untuk memperkuat fitur pencarian di Shorts dengan memanfaatkan Google Lens.
Setelah fitur ini dirilis, pengguna dapat mencobanya dengan membuat jeda video Shorts, lalu memilih opsi Lens di menu atas. Pengguna bisa menyorot atau mengetuk objek yang ingin dicari. Lens akan menampilkan hasil pencarian visual yang relevan dan menampilkannya langsung di atas video Shorts. Pengguna bisa kembali melanjutkan menonton konten tersebut.
YouTube menyatakan bahwa pengguna tidak melihat iklan di hasil pencarian selama fase beta dari fitur Lens di Shorts ini. Perusahaan milik Google tersebut juga mencatat bahwa Lens di Shorts tidak akan tersedia untuk Shorts yang memiliki tautan afiliasi YouTube Shopping atau promosi produk berbayar. YouTube juga menjelaskan bahwa saat pengguna memilih salah satu hasil pencarian mereka bisa langsung kembali ke video yang sedang ditonton.
Terkait privasi, YouTube menegaskan bahwa Lens tidak menggunakan pengenalan wajah biometrik untuk mengidentifikasi seseorang secara spesifik. Meskipun demikian, sistem tetap dapat menampilkan hasil untuk figur publik yang terkenal.
Defara Dhanya berpartisipasi dalam penulisan artikel ini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar